Cara Mengatasi Tinta Kering

Cara Mengatasi Tinta Kering


Mengatasi tinta kering sebenarnya mudah sekali, asal Anda rajin dan teliti. Selain menjaga agar tinta tidak kering, tips berikut juga menjaga agar kualitas hasil cetak printer lebih cerah dan bisa bertahan lama. Berikut tips untuk mengatasi tinta printer kering pada cartridge Anda:

1. Lepaskan cartridge dari dalam printer, biasanya dengan menekan miring ke depan.

2. Setelah dilepaskan, buka bagian atas atau penutup cartridge dengan alat tukang. Bisa menggunakan obeng minus atau pisau. Hati-hati dalam membuka, karena tinta yang ada didalamnya bisa tercecer.

3. Pada bagian dalam cartridge terdapat seperti busa, lepaskan atau ambil busa tersebut dan bersihkan hingga benar-benar bersih.

4. Rendam cartridge yang telah dilepas busanya pada air hangat selama kurang lebih setengah jam. Ingat, air yang dipakai rendaman jangan terlalu panas karena akan merusak head cartridge dan juga jangan terlalu dingin karena akan sulit ketika membersihkan sumbatan yang ada di head-nya dan sebisa mungkin bagian chip jangan terkena air.

5. Setelah direndam dengan air hangat, lalu ambil lagi air hangat dan bilas tank cartridge sampai bersih.

6. Keringkan tank cartridge tersebut dengan lap atau tisu dan jemur cartridge dan busa yang tadi dibersihkan hingga benar-benar kering.

7. Setelah yakin benar-benar kering, pasangkan kembali penutup yang tadi dibuka dengan lem agar merekat sempurna. Lalu isi tinta kedalamnya lebih kurang 5 ml. Lalu biarkan setengah jam hingga tinta meresap ke bagian head dan merata.

8. Pasang kembali cartridge pada printer dan lalukan pengujian dengan mencetak beberapa dokumen.

9. Jika masih belum mau keluar, diamkan dulu beberapa jam, kemungkinan tinta belum meresap.


Mengatasi tinta kering juga bisa dilakukan dengan melakukan setidaknya menggunakan printer setiap hari. Print dokumen apa saja agar tinta tetap mengalir. Nah, mungkin tips diatas bisa membantu mengatasi tinta printer Anda yang terlanjur mengering. Selamat Mencoba.

Sumber : Forum Merdeka.com
'iklan baru

No comments

Powered by Blogger.